Selasa, 16 April 2013

Asupan Gizi Untuk Si Kecil Saat Ramadhan

       Sebentar lagi udah mau masuk bulan Ramadhan nih ya... dalam bulan Ramadhan ada yang disebut dengan sahur dan berbuka setelah kita menjalankan puasa dalam satu hari dari jam setengah lima-an sampai bedhug maghrib sekitar jam enam-an. Nah, untuk menjalankan puasa seharian penuh maka kita harus bersiap dengan memberi asupan gizi pada tubuh. Tujuannya agar kita bisa kuat menjalankan ibadah puasa tersebut :D Tentunya, dengan cara mengonsumsi segalan makanan dan minuman yang dapat menambah energi dan kaya akan gizi serta vitamin. Apalagi jika si kecil sudah mau untuk ikut berpuasa, sehingga sangat penting untuk memberi asupan gizi yang lengkap dan seimbang untuknya disaat bulan Ramadhan.

     Naaaah aku akan berbagi dengan kalian mengenai apa yang aku konsumsi disaat bulan Ramadhan, tentunya disaat aku masih kecil imut-imut kaya siput :3 sehingga aku bisa fit terus dalam menjalankan puasa penuh di bulan Ramadhan. Makanan setiap sahur yang diberikan bonyok adalah makanan sehat lima sempurna seperti sayur asem, sayur sop, sayur lodeh, sayur bayam, capcay, beserta beberapa lauk nya tempe + tahu goreng dan juga nasi putih terkadang nasi merah, daan perlu digaris bawahi juga nih, nyokap ga pernah menggunakan motto / michin dalam masakannya. Cuma pake bumbu-bumbu asli aja sih, seperti bawang putih, merah, garam, gula, terasi, dan lain-lain. Kata bonyok, sejak aku kecil emang ga pernah susah untuk disuruh makan, semua makanan masuk aja gitu di perut *jadi malu* :"> 




Sayur Sop emang yang paling juarak :9



      Masakan rumah yang lebih enak pastinya lebih sehat juga doong ya buat asupan gizi si kecil saat puasa penuh~ *macak ibu-ibu rumah tangga* 
     Makanan empat sehat lima sempurna tersebut masih dilengkapi dengan minuman, minuman yang dipilih jangan hanya berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh, tetapi minuman yang mengandung gizi juga tentunya. Nyokap selalu beri aku ini saat sahur. 



                          

       Dan jangan heran, kalo sampai sekarang aku masih suka sama susu atau makanan yang mengandung susu seperti es krim :3 hihi. Minuman susu bermerek Pediasure ini dipilih nyokap menjadi minuman wajibku saat sahur. Perlu diketahui juga, rasa dari susu Pediasure ini enak banget loh.... rasanya menyerupai es krim cone yang dijual di KFC atau Mcd :9 *bukan promosi*
      Setelah selesai makan dan minum susu, ada tambahan lagi nih buat menuhin asupan gizi saat puasa penuh yang dilakukan si kecil. Waktu itu aku selalu diberi si imut yang manis ini nih.

       Yap, madu merek Madurasa adalah pilihan keluarga kami. Kalo khusus aku dan kakak selalu memilih Madurasa kemasan stick seperti choki-choki yang memiliki banyak varian rasa, yaitu stroberi, anggur dan jeruk. Rasanya seger dan nagih karena bisa dikenyot sambil nonton TV :D 
      Setelah semua sudah masuk ke perut, terakhir sebelum kumandang imsyak, aku dibiasakan oleh bokap untuk minum air putih dan membaca doa niat puasa agar puasa kita diterima. 
     Nah, sekiranya itulah yang mungkin dapat membantu si kecil tetap ceria dan aktif walaupun sedang menjalankan puasa. Karena aku sudah membuktikannya, pada kenyataannya aku bisa kuat untuk puasa penuh dan tetap aktif bermain playon sana-sini ditambah lagi menjalankan TPA saat ba'da maghrib, hebaat kaaan :"D *iyain aja*


*Semoga Bermanfaat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar