Sabtu, 07 November 2015

Idaman Wanita Sholihah

 

Ketahuilah para pria, sesukses apapun, sekaya apapun, setampan apapun, segagah apapun, setinggi apapun, se-eksis apapun, seterkenal apapun dirimu tidak akan ada gunanya di mata wanita yang sholihah. Jika engkau tau bahwa wanita yang baik-baik akan mencintai pria bukan dari semua itu, karena itu hanyalah luaran semata. Wanita baik-baik akan memilih pria yang memiliki akhlak baik, dan sholeh. Pria yang selalu mengutamakan Allah dan berakhlak santun akan sangat menarik perhatian para wanita sholihah. Apapun yang dilakukan para pria ketika sedang mencoba berkenalan dengan wanita yang baik, maka dengan diam-diam si wanita pasti akan mencari tau informasi tentang dirimu, bagaimana akhlakmu dan agamamu. Di jaman secanggih ini, sebagian besar orang memiliki akun media sosial paling mentok facebook. Dengan itulah biasanya wanita menjadikannya sebagai media informasi untuk dirinya dalam mengenali lebih dalam si pria yang mendekatinya.Sang wanita mencari-cari informasi lewat teman atau kerabat dekat si pria. Begitu juga dengan yang diajarkan dalam islam, bahwa jika ada seseorang yang sedang mendekatimu dan hendak menjadikanmu istirnya maka kenalilah terlebih dahulu melalui informasi-informasi yang ada. Maka dari situlah wanita yang baik-baik pasti akan mencari tahu apakah pria yang mendekatinya adalah pria yang sholih dan memiliki akhlak yang baik atau tidak, paling tidak pertama-tama akan diawali mencari tau di sosial media lalu dilanjutkan dengan mecari tau dari sahabat dekatnya. Oleh sebab itulah, mengapa dalam islam mengajarkan agar kita memilih lingkungan dan teman/sahabat yang baik akhlaknya dan baik agamanya. Karena sahabat adalah orang terdekat kedua setelah keluarga yang akan memberi manfaat untuk kita. Jika kita memiliki sahabat yang berakhlak baik dan agama yang baik, maka akhlak kita pun akan ikut menjadi baik. Kebiasaan yang dilakukan pun juga tetap di arah kebaikan. Sahabat yang baik adalah yang mengatakan hal-hal baik tentangmu kepada orang lain.

Ketahuilah bahwa wanita yang baik-baik hanya mempertimbangkan pria yang memiliki akhlak baik dan agama yang baik. Kesholihan akan menjadi nilai plus paling pertama. Akhlak baik, sopan, dan santun menjadikan wanita lebih yakin terhadap pria seperti itu. Sebab sesungguhnya, wanita tidak membutuhkan pria atau suami yang kekar, kuat, dan juga eksis ketika nanti berumah tangga. Wanita sholihah hanya butuh seorang suami yang dapat membimbingnya dengan sabar untuk menjadi insan yang lebih baik, menegurnya dengan lembut ketika salah, menasihatinya dengan lemah lebut agar menjadi istri yang sholihah, menggandeng dan menuntunnya berjalan ke jalan menuju Jannah-Nya bersama-sama. Pria yang berakhlak santun akan senantiasa menghargai keluarga dan orangtua wanita, memperlakukan dengan penuh perhatian seperti mereka memperlakukannya kepada orangtuanya. Sehingga tak hanya menjadi panutan dan imam dalam rumah tangganya saja tetapi juga keluarga besarnya. Akhlak yang baik akan terpancar dari dalam, dari tutur kata, dari cara ia menyikapi orang lain, dari ia memperlakukan orangtua dan wanita, dari cara ia mentaati segala perintah Allah seperti sholat rutin dan tepat waktu. Lelaki setampan, sekaya, sepandai, sesukses apapun jika ia tidak memiliki agama yang baik atau agamanya sangat rendah maka akan kalah dengan lelaki sederhana apa adanya tidak eksis di mata manusia namun ia memiliki akhlak dan agama yang sangat baik.

Sesungguhnya jika menginginkan wanita sholehah dan baik maka hanya itulah yang paling utama harus dimiliki. Perbaiki dirilah jika menginginkan wanita yang baik pula. Karena jodoh adalah cerminan diri. Lihat dan bercerminlah seperti apa dirimu sekarang, maka seperti itulah sekiranya jodohmu saat itu. Jika engkau memperbaiki diri karena Allah, maka jodohmu juga akan melakukan hal yang sama. Allah itu maha berkehendak dan menggerakkan hati manusia. Sangat mudah bagi-Nya. Periksalah diri kita masing-masing, perhatikanlah apakah lingkungan kita sudah baik atau belum, ibadah kita sudah rapih atau belum. Jika tak juga diperbaiki, maka engkau tidak akan pula dengan segera didatangkan oleh Allah jodoh seorang wanita baik-baik dan sholihah. Tidakkah kita sering mendengar firman Allah :

اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ.
“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar